Sejarah

Perpustakaan merupakan sebuah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya rekam secara profesional dengan sistem tertentu yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, kultural dan rekreasi.Sedangkan perpustakaan perguruan tinggi bertujuan memenuhi kebutuhan informasi bagi civitas akademika di perguruan tingginya. Perpustakaan perguruan tinggi dapat juga terbuka untuk masyarakat.

Keberadaan UPT. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Padangpanjang seiring dengan berdirinya KOKAR A dan B. KOKAR A kemudian menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang dengan SK Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan No. 84 Tahun 1965 Tanggal 22 Desember 1965 dan ASKI berubah status menjadi STSI Padangpanjang berdasarkan Kepres No. 56 Tahun 1999 Tanggal 15 Juni 1999 kemudian dengan Kepres No. 60 Tahun 2009 Tanggal 31 Desember 2009 STSI berubah status menjadi ISI Padangpanjang.

UPT. Perpustakaan ISI Padangpanjang berkembang seiring dengan perubahan status ISI Padangpanjang dan menjadi jantung perguruan tingginya. Perpustakaan sebagai tempat yang mengelola informasi ilmu pengetahuan dalam beragam bentuk merupakan sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan untuk menciptakan lulusan berkualitas yang dapat menghadapi tantangan zaman serta  perkembangan ilmu pengetahuan