Laporan Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan ISI Padang Panjang di Bulan Februari
Posted on: March 7, 2018, by : Aivan Sondra

Kata sirkulasi berasal dari bahasa inggris “Circulation” yang berarti perputaran, peredaran, seperti pada “ sirkulasi udara” sirkulasi uang dan sebagainya. Dalam ilmu perpustakaan, sirkulasi sering dikenal dengan peminjaman namun demikian pengertian pelayanan sirkulasi sebenarnya adalah mencakup semua bentuk kegiatan pencatatan yang berkaitan dengan pemanfaatan, penggunaan koleksi perpustakaan dengan tepat guna dan tepat waktu untuk kepentingan pengguna jasa perpustakaan (Lasa Hs., 1993 : 1)

Kegiatan sirkulasi merupakan salah satu ujung tombak dalam pelayanan perpustakaan, begitu juga perpustakaan ISI Padang panjang. Tujuan layanan sirkulasi ini adalah:

  1. upaya mereka mampu memanfaatkan.
  2. Mudah diketahui siapa yang meminjam koleksi tertentu, dimana alamatnya, kapan koleksi kembali.
  3. Terjadinya pengembalian pinjaman dalam waktu yang lelas.
  4. Diperoleh data kegiatan perpustakaan, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan koleksi.
  5. Apabila terjadi pelanggaran akan segera diketahui.

Bentuk layanan sirkulasi di Perpustakaan ISI Padangpanjang yaitu  Sistem terbuka membebaskan pengunjung ketempat koleksi perpustakaan dijajakan. Mereka dapat melakukan browsing atau membuka – buka, melihat – lihat buku, mengambil sendiri. Ketika bahan tidak cocok, mereka dapat memilih bahan lain yang hampir sama atau bahkan yang berbeda.

  • Keutungan sistem terbuka :

Pemakai dapat melakukan browsing (melihat – lihat koleksi sehingga mendapatkan pengetahuan yang beragam), Memberi kepuasan kepada pengguna karena pengguna dapat memilih sendiri koleksi yang sesuai dengan kebutuhannya dan Tenaga yang dibutuhkan tidak banyak.

  • Kelemahanya :

Pemakai banyak yang salah mengembalikan koleksi pada tempat semula sehingga koleksi bercampur aduk, petugas setiap hari harus mengontrol rak – rak untuk mengetahui buku yang salah letak dan kehilangan koleksi relatip besar.

Kegiatan sirkulasi memiliki beberapa kegiatan. Berikut ini kegiatan yang dilakukan di Perpustakaan ISI Padang Panjang dan sekaligus melaporkan jumlah anggota yang aktif ke perpustakaan, koleksi yang dipinjam, jumlah sanksi dan bebas pustaka selama bulan februari :

  1. Keanggotaan: merupakan jumlah anggota perpustakaan yang berkunjung ke perpustakaan. Selama bulan februari jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan adalah sebanyak 309 Orang dengan rincian:
  • Mahasiswa sebanyak 302 Orang,
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 4 Orang,
  • Tenaga Non PNS sebanyak 0 Orang,
  • Tenaga Pendidik sebanyak 3 Orang.
  Laporan keanggotaan perpustakaan

2. Peminjaman: merupakan jumlah anggota dan koleksi yang dipinjam di perpustakaan. Selama bulan februari jumlah anggota dan koleksi yang dipinjam perpustakaan adalah sebanyak  Orang dan jumlah koleksi sebanyak dengan rincian:

  • Mahasiswa sebanyak 62 Orang dengan koleksi yang dipinjam sebanyak 388 eksemplar,
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 1 Orang dengan koleksi yang dipinjam sebanyak 1  eksemplar,
  • Tenaga Non PNS sebanyak 0 Orang dengan koleksi yang dipinjam 0  eksemplar,
  • Tenaga Pendidik sebanyak 2 Orang dengan koleksi yang dipinjam sebanyak 6 eksemplar.
laporan statistik sirkulasi

3. Pengembalian: merupakan jumlah anggota dan koleksi yang mengembalikan koleksi perpustakaan. Selama bulan februari jumlah anggota dan koleksi yang dikembalikan ke perpustakaan adalah sebanyak  76 Orang dan jumlah koleksi sebanyak  234 eksemplar  dengan rincian:

  • Mahasiswa sebanyak 75 Orang dengan koleksi yang dipinjam sebanyak  233 eksemplar,
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 0 Orang dengan koleksi yang dipinjam  0  eksemplar,
  • Tenaga Non PNS sebanyak 0 Orang dengan koleksi yang dipinjam  0  koleksi,
  • Tenaga Pendidik sebanyak 1 Orang dengan koleksi yang dipinjam  sebanyak  1 eksemplar.
statatisik sirkulasi

4. Sanksi: merupakan hukuman yang diberikan kepada anggota perpustakaan yang tidak mengembalikan koleksi sesuai dengan aturan perpustakaan. Sanki tersebut diberikan kepada 104 Orang anggota perpustakaan dengan rincian 

  • Mahasiswa sebanyak 104 Orang,
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 0 Orang ,
  • Tenaga Non PNS sebanyak 0 Orang ,
  • Tenaga Pendidik sebanyak 0 Orang.

5. Memberikan keterangan bebas/bersih pinjaman: merupakan surat yang diberikan kepada anggota perpustakaan yang wisuda, cuti, daftar ulang dan pensiun. Surat keterangan ini diberikan apabila anggota perpustakaan tidak ada masalah di perpustakaan. Jumlah anggota perpustakaan yang diberikan keterangan bebas adalah sebanyak 164 Orang dengan rincian sebagai berikut:

  • Mahasiswa sebanyak 163 Orang dengan keterangan wisuda sebanyak 68 Orang, Cuti sebanyak 25 Orang dan Daftar Ulang sebanyak 70 Orang,
  • Tenaga Kependidikan sebanyak 1 Orang dengan keterangan pensiun ,
  • Tenaga Pendidik sebanyak 0 Orang .
Laporan ini menggambarkan bahwa dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan ISI Padangpanjang pada bulan februari ini dapat digambarkan bahwa anggota perpustakaan yang sering datang dan meminjam koleksi adalah mahasiswa dan koleksi yang sering digunakan adalah estetika sebuah pengantar, estetika makna simbol dan daya, filsafat seni, seni rupa modern, metodologi penelitian, sejarah musik, dan kritik seni

 

 

%d bloggers like this: